Announcement:

Selamat Datang di website Mas-Greget. Terimakasih sudah berkunjung ^_^

Minggu, 14 Juli 2013

Memanusiakan Manusia Melalui Penghargaan | Pendidikan Karakter

Memanusiakan Manusia Melalui Penghargaan | Pendidikan KarakterTujuan pendidikan pada hakikatnya adalah memanusiakan manusia, atau mengantarkan anak didik untuk dapat menemukan jati dirinya. Memanusiakan manusia berarti ingin menempatkan manusia sesuai proporsi dan hakikat kemanusiaannya. Sehingga manusia mampu menemukan jati dirinya. Artinya, agar setiap individu manusia itu menyadari dan memahami “siapa dia”, “mengapa dia diadakan di dunia ini” dan “harus ke mana”.


Yang terjadi di sekolah, seakan para guru tidak menghiraukan bagaimana perasaan para siswa yang mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan tugas dan ulangan yang penuh ketegangan. Tegang dan cemas bila ternyata gagal dan hanya mendapatkan amarah dan mungkin cacian dari guru-gurunya yang menganggap bahwa mereka tidak melaksanakan instruksi sebagaimana mestinya.

mendidik-atau-memaksa



Karakter setiap manusia, terutama anak (peserta didik), pasti lebih menyukai mendapat penghargaan yang sifatnya berwujud maupun tidak berwujud. Dan ia pun akan berusaha keras mendapatkannya. Karena itu, seorang guru hendaknya merespons apa yang disukai seorang anak. Guru harus bisa memberikan hadiah-hadiah tersebut pada kesempatan yang tepat.
Pujian sebagai bentuk penghargaan merupakan salah satu alat pendidikan yang diberikan kepada murid sebagai imbalan terhadap prestasi yang dicapainya. Secara didaktis, pujian atau penghargaan beserta segala macamnya, menurut al-Ghazali, telah menjadi anutan para pakar pendidikan di zamannya.
Menurut istilah didaktik, pujian atau penghargaan merupakan “fungsi reinforcement” atau fungsi penguatan yang lebih mendorong pada anak untuk semakin meningkatkan prestasi yang pernah diraihnya.


reward

“The reward of a thing well done is to have done it” (Ralph Waldo Emerson, penyair dan filsuf Amerika). “Penghargaan bagi sesuatu yang dilakukan dengan baik ialah telah melakukannya. Sehingga, dengan adanya penghargaan, dalam hal ini pujian, merupakan salah satu alat pendidikan kuratif yang mampu membangkitkan motivasi belajar siswa.
Maka, tidak salah bila pujian yang merupakan penghargaan menjadi salah satu bentuk alat pendidikan yang mampu memberikan motivasi belajar bagi siswa. Manakala seorang siswa mendapatkan penghargaan karena dia berprestasi, tentu semangat belajarnya pun akan meningkat, karena keinginan untuk mempertahankan dan menaikkan prestasi belajarnya. Motivasi belajar siswa akan meningkat ketika prestasi dan kerja keras untuk mencapai kesuksesan belajar itu diiringi penghargaan dan apresiasi yang baik.



Marilah jadikan kebiasaan guru untuk memberikan penghargaan kepada murid, baik materi maupun non materi. Mari kita hargai kerja keras dan semangat murid dalam belajar. Multimedia Award SMK Negeri 8 Semarang jadikan ajang tahunan untuk memanusiakan manusia bagi siswa Multimedia SMK Negeri 8 Semarang.
Share it Please

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

5 komentar:

Copyright @ 2013 Maz-Greget. Designed by Templateism | Love for The Globe Press