Announcement:

Selamat Datang di website Mas-Greget. Terimakasih sudah berkunjung ^_^

Selasa, 11 Juni 2013

Cara Menambah Kapasitas RAM menggunakan Flashdisk

Cara Menambah Kapasitas RAM menggunakan Flashdisk - Memori Akses Acak (bahasa Inggris: Random Access Memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. [ id.Wikipedia.org ]


Ada 2 cara yang saya ketahui untuk menambah RAM menggunakan Flashdisk yaitu menggunakan Software dan tanpa Software. kelebihan dalam menggunakan software yaitu prosesnya akan otomatis dan sangat mudah. jika manual atau tanpa software maka akan sedikit rumit.

Cara pertama yaitu menggunakan software eBoostr. Dengan menggunakan eBoostr prosesnya cachenya akan berjalan otomatis. Sebagai catatan penting yang perlu diperhatikan bahwa jika flash disk digunakan sebagai penambah ram maka flash disk tersebut tidak bisa digunakan lagi untuk menyimpan data.

Download eBoostr < Klik >

Cara kedua yaitu tanpa menggunakan software atau manual. Langkah ini akan saya jelaskan berikut ini :
  1. Pasangkan flashdisk anda ke komputer.
  2. Klik kanan pada My Computer lalu pilih Properties.
  3. Klik tab Advanced, lalu klik tombol Settings pada kotak Performance.
  4. Pada jendela yang muncul, klik tab Advanced lalu klik tombol Change pada kotakVirtual memory.
  5. Pilih drive C, kemudian pilih No paging file. Jika sudah lanjutkan dengan mengklik tombol Set.
  6. Pilih drive “flashdisk” anda (misalkan drive F), biasanya diberi nama Removable disk jika anda belum memberi nama pada flashdisk tersebut.
  7. Setelah itu pilih System managed size dan dilanjutkan dengan mengklik tombol Set.
  8. Perhatikan pada kotak Total paging file size for All drives. Nilai Recommended nya jangan melebihi kapasitas flashdisk.
  9. Jika memang lebih maka anda bisa memasukkan “nilai total” dari kapasitas flashdisk. Caranya klik pilihan Custom Size lalu pilih Initial Size .
  10. Maximum Size diisi dengan nilai total dari kapasitas flashdisk. Anda harus menyisakan 5 – 6 Mb. Ini merupakan persyaratan dari Windows XP itu sendiri. Jika sudah, klik tombol Set
  11. Kemudian Klik OK dan Restart Komputer
Langkah ini sudah saya tes di Windows XP, dan untuk Operating System yang lainnya belum saya coba. jika ada kendala silahkan tanyakan melalui kotak komentar dibawah.
Share it Please

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

3 komentar:

Copyright @ 2013 Maz-Greget. Designed by Templateism | Love for The Globe Press